KDRT – Ayo setel sendiri celah klep Honda Supra 125 dan Kharisma. Jangan
dicoba pada motor baru, kasihan jadi kelinci coba-coba. Praktekan pada
Supra dan Kharisma yang km-nya sudah tinggi. Misalnya, 50.000 km dan
suara klepnya telah mengganggu, bensin boros dan tarikan loyo.
Sediakan dulu rokok dan kopi. Tapi jangan merokok melulu, kerja lupa. Siapkan fuller gauge
satu set, obeng min besar, kunci T17, kunci ring 8-9, dan ring 24.
Silakan isap rokok sebentar, lanjutkan buka kedua tutup klep in dan ex, tentu pakai kunci ring 17. Untuk ini dilarang pakai ketokan atau pahat. Itu bukan memperbaiki, tapi merusak.
Serup
dulu kopinya, lalu seisap rokok lagi, embuskan asapnya. Ayo, jangan
merokok melulu, segera bebaskan posisi katup atau posisi piston pada
Titik Mati Atas (TMA). Caranya, buka tutup magnet pada bak mesin kiri
dengan obeng min besar. Kalau obengnya kecil, obeng yang mutar, bautnya
diam. Gunakan kunci ring 17 untuk memutar poros engkol alias kruk-as
berlawanan dengan jarum jam.
Sambil
putar kruk-as, perhatikan klep masuk sampai bergerak. Lihat pada lubang
kecil di rumah magnet, posisikan tanda ‘T’ pada garis penyesuaian.
Gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan dalam keadaan bebas.
Jika
langkah di atas benar, kendurkan mur pengikat baut penyetel klep dengan
kunci ring 8 dan 9. Coba aja mana yang pas di antara keduanya. Masak
sih diajari mulu. Selipkan bilah atau fuller sesuai ukuran celah yang dimau. Untuk Supra, celah in 0,05 mm dan ex 0,01 mm.
Kancing
ulang atau keraskan mur di ujung batang klep, sambil putar baut setelan
klep dengan kunci 8-9 tadi. Kunci ini harus dua, satu untuk menahan
bautnya, satu lagi untuk mengencangkan. Setelan yang pas, saat fuller
ditarik terasa seret dan bila didorong akan bengkok-bengkok alias tidak bisa.
Lupa
kopinya. Langkah-langkahnya sudah selesai. Rangkai ulang semua komponen
yang dibongkar tadi. Jangan hanya jago bongkar, tidak bisa pasang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar