Senin, 30 Juli 2012

Setel Klep Honda Supra 125



Ini klepnya
KDRT – Ayo setel sendiri celah klep Honda Supra 125 dan Kharisma. Jangan dicoba pada motor baru, kasihan jadi kelinci coba-coba. Praktekan pada Supra dan Kharisma yang km-nya sudah tinggi. Misalnya, 50.000 km dan suara klepnya telah mengganggu, bensin boros dan tarikan loyo.
Sediakan dulu rokok dan kopi. Tapi jangan merokok melulu, kerja lupa. Siapkan fuller gauge satu set, obeng min besar, kunci T17, kunci ring 8-9, dan ring 24. Silakan isap rokok sebentar, lanjutkan buka kedua tutup klep in dan ex, tentu pakai kunci ring 17. Untuk ini dilarang pakai ketokan atau pahat. Itu bukan memperbaiki, tapi merusak.
Serup dulu kopinya, lalu seisap rokok lagi, embuskan asapnya. Ayo, jangan merokok melulu, segera bebaskan posisi katup atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA). Caranya, buka tutup magnet pada bak mesin kiri dengan obeng min besar. Kalau obengnya kecil, obeng yang mutar, bautnya diam. Gunakan kunci ring 17 untuk memutar poros engkol alias kruk-as berlawanan dengan jarum jam.
Diagram stel klep
Sambil putar kruk-as, perhatikan klep masuk sampai bergerak. Lihat pada lubang kecil di rumah magnet, posisikan tanda ‘T’ pada garis penyesuaian. Gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan dalam keadaan  bebas.
Jika langkah di atas benar, kendurkan mur pengikat baut penyetel klep dengan kunci ring 8 dan 9. Coba aja mana yang pas di antara keduanya. Masak sih diajari mulu. Selipkan bilah atau fuller sesuai ukuran celah yang dimau. Untuk Supra, celah  in 0,05 mm dan ex 0,01 mm.
Kancing ulang atau keraskan mur di ujung batang klep, sambil putar baut setelan klep dengan kunci 8-9 tadi. Kunci ini harus dua, satu untuk menahan bautnya, satu lagi untuk mengencangkan. Setelan yang pas, saat fuller ditarik terasa seret dan bila didorong akan bengkok-bengkok alias tidak bisa.
Lupa kopinya. Langkah-langkahnya sudah selesai. Rangkai ulang semua komponen yang dibongkar tadi. Jangan hanya jago bongkar, tidak bisa pasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar